Cara membedakan burung ciblek jantan dan betina yang masih muda(bakalan)

Cara membedakan burung ciblek jantan dan betina yang masih muda(bakalan)

ciblek kristal
Kali ini bicara-burung akan berbagi sedikit. Berhubung nemu pertanyaan di page burung di facebook. Pertanyaan itu mengenai cara membedakan burung ciblek jantan dan betina yang masih muda(bakalan). Untuk burung ciblek yang sudah berumur membedakan nya sangat mudah, bisa dilihat langsung dari paruh bagian bawah yang berwarna hitam. Namun untuk yang muda, paruh bukan menjadi utama. Karena saat ciblek muda, warna paruh bisa berubah. 

Saya sendiri pernah membeli burung ciblek dan tertipu saat masih SMA. Burung ciblek yang saya beli itu masih muda, bagian bawah paruh sudah berwarna hitam. Walau hanya semu, namun seiring berjalan waktu. Warna hitam dibagian bawah mulai hilang, malah jadi putih. 100% betina.

Nah kali ini saya akan bagi sedikit tips untuk sobat kicau, dalam membedakan burung ciblek jantan atau betina yang masih muda(bakalan).
  • kuku hitam dan alis pendek hanya sampai atas mata itu jamin 100% ciblek jantan. 
  • kalau kuku berwarna putih kemerahan dan juga alis atas mata panjang sampai ke belakang mata bisa dipastikan itu ciblek betina.

ciblek gunung
Ok, mungkin hanya itu sedikit tips dari saya tentang Cara membedakan burung ciblek jantan dan betina yang masih muda(bakalan). Semoga bermanfaat dan Salam Kicau



6 Responses to "Cara membedakan burung ciblek jantan dan betina yang masih muda(bakalan)"

boyjackers mengatakan...

Itu untuk umur brp minggu gan? pnjang ekor brp cm?

Unknown mengatakan...

kalo kuku apa ngaruh gan??

Unknown mengatakan...

@boyjackers
Untuk umur brp minggu ane gak tahu pasti gan, yang pasti saat masih muda belum bisa bunyi.

Unknown mengatakan...

@Heru adi purnomo
kuku pada burung ciblek pengaruh gan, kalau kukunya warna hitam maka ciblek itu jantan. Walau ciblek masih muda, kalau ciblek jantan pasti kuku nya sudah berwarna hitam walau samar-samar.

Unknown mengatakan...

Maaf gan burung yang baru saya beli kukunya baru di kutek, jadi bakalan tau jantan dan betinanya.

Unknown mengatakan...

@apri doank.
Maksutnya kukunya diwarna, kalau diwarna biasanya dimandikan beberapa x juga hilang warnanya. Dan juga kalau warna kuku asli itu sampai ke dalam kuku tidak hanya di bagian luar kuku. Jadi jantan dan betina tetap bisa dibedakan.

Posting Komentar