Kenari ngeriwik tidak mau ngeplong bunyinya


Kenari ngeriwik tidak mau ngeplong bunyinya

bicara-burung kembali akan  membahas burung kenari. Beberapa waktu yang lalu ada teman datang, dan saat ngobrol tentang burung, teman  itupun bertanya.  Paling tidak inti dari pertanyaan tersebut seperti ini. Sudah memelihara kenari 3bulan namun kenari itu masih belum bisa berbunyi keras atau ngeplong, masih ngeriwik. Sudah diberi vitamin tambahan namun masih belum mau ngeplong juga saat kerkicau.

Kenari ngeplong

Nah alhasil ane tanya.  Emang belinya umur berapa? katanya umur 1,5 sampai 2 bulanan. Ane jawab saja, pantes. Kalau sudah dipelihara 3 bulan, berarti umur si kenari juga masih sekitar antara 4-5 bulan. Dan itu sangat wajar jika kenari umur seperti itu masih ngeriwik belum bisa plong.

Kenari ngeplong


Menurut saya, kenari bisa berkicau secara ngeplong atau lantang biasanya berumur 6bulan ke atas. Atau kadang pas mulai mantep sekitar umur 8 bulan. Tapi itu semua juga tidak terlalu menjadi patokan. Karena faktor keturunan atau bagus tidaknya indukan juga berpengaruh terhadap cepat tidaknya kenari berkicau secara plong.

Akan lebih baik jika kenari dengan umur seperti itu dirawat biasa saja.
Tips tambahan, Jika membeli kenari dengan umur 2 bulan kebawah. Dekatkan saja dengan burung ciblek, prenjak , pleci atau burung kenari yang sudah juara. Karena disaat umur burung seperti itu, akan lebih mudah untuk di master dengan suara burung lain.

Ok, hanya itu yang dapat saya bagi untuk kali ini tentang kenari ngeriwik tidak mau ngeplong.
Semoga bermanfaat, dan salam kicau



4 Responses to "Kenari ngeriwik tidak mau ngeplong bunyinya"

dasilva mengatakan...

Malam Pak Bos Kalau ngilangin birahi bgai mana yaa,Thanks pak bos sebelum menjawab.

Unknown mengatakan...

@dasilva
Coba Kurangi konsumsi protein,seperti telur Tambahkan sayuran seperti mentimun dan juga biasa lebih sering dimandikan.
Smoga membantu

Unknown mengatakan...

Ok bang klu begitu, mksh atas informasinya

Unknown mengatakan...

@adi suhardi
Yap, sama sama gan

Posting Komentar